Senin, 18 Januari 2016

gadis bumi dan lelaki langit bagian pertama

aku sangat ingin kau melihatku dan tidak ingin kau melihatku di saat yang bersamaan.aku sangat ingin mengatakan semuanya dan tidak ingin mengatakan semuanya di saat yang bersamaan.aku ingin memberi segalanya tanpa mengharap apapun dan ingin mengharapkan balasan darimu di saat yang bersamaan.aku ini cuma kayu rapuh yang tak bisa berdiri dengan kaki sendiri, aku takut akan jatuh.

***

    cerita ini dimulai entah oleh siapa namun yang pasti sudah menjadi buah bibir di antara alang-alang dan kehidupan-kehidupan tak tersentuh seperti peri-peri kecil yang menyelinap untuk memberi mimpi indah pada manusia-manusia yang telah lelah dalam bangunnya. cerita ini mudah ditebak jalan ceritanya karena memang pikir manusia yang menakjubkan. cerita ini adalah tentang sebuah cinta, yang sebenarnya akan selalu ada menyelinap di sendi-sendi kehidupan manusia, hanya siapa yang menemukannya entah tak sengaja atau dia memang berniat mencarinya, dialah yang akan menemukan sebuah cerita.

    cinta ini mungkin tak semulia cinta seorang ibu ke anaknya, tapi cinta ini tetaplah cinta, dimana seorang anakpun tidak akan ada tanpa cinta diantara dua insan beda jenis layaknya adam dan hawa. satu pasang. awal dari manusia dan kehidupan dan peradaban. terdengar klise dan berlebihan memang, karena cinta seperti ini juga bisa sama sekali tak diungkapkan dan tidak menjadi apa-apa yang berharga. cinta seperti ini bisa memperindah dan menghancurkan kehidupan.

   cerita cinta selayaknya diawali oleh perkenalan dua tokoh utama pada cerita itu, meski nanti akan muncul tokoh lain, cinta lain. tapi cinta yang sesungguhnya hanyalah tentang sepasang manusia. cerita cinta yang telah dimulai ini adalah milik seorang perempuan buruk yang kiranya semua orang seperti membencinya karena semua keburukan yang ada pada dirinya. perempuan itu adalah gadis bumi. dengan semua keburukan-keburukan dunia. sedang lelaki yang datang pada cerita ini adalah langit. dia memang datang dari langit dengan semua kebaikan-kebaikan langit. semua orang ingin dekat dengannya dan mendapat kebaikan. semua orang tersenyum kepadanya.

   ini memang aneh. bagaimana  bisa seorang gadis bumi dan lelaki langit bisa berdampingan pada satu cerita cinta? itu tidak mungkin. akhir ceritanya terlihat dengan jelas. lalu siapa yang akan membaca cerita ini? tak apa. karena sesungguhnya sebuah ceritapun akan tetap menjadi cerita walau tak ada yang membacanya. dan kita bisa jatuh dalam cerita jika kita tak berhati-hati.

  gadis bumi ini buruk rupa. wajahnya tak sedap dipandang. tubuhnya tak terawat tak karuan. gadis bumi itu ceroboh. dia selalu jatuh tiap ada lubang. bahkan jika tak ada lubangpun dia akan terpeleset. dan tersandung. dia selalu merusak barang-barang yang disentuhnya. gadis bumi itu tak pernah beruntung. jika ada seribu lotre yang diundi dan dia memiliki sembilan ratus sembilan puluh sembilan nya, yang menang pasti adalah satu lotre yang tidak dipilihnya. gadis bumi ini juga bodoh. dia selalu memilih segalanya salah. dia selalu ditipu dan dia tak pernah belajar. gadis bumi itu selalu mendapat masalah dan hinaan dimanapun dia berada.

  lelaki itu bernama langit. semua orang ingin dekat dengannya dan mendapat kebaikan. lelaki langit itu kehidupannya dihiasi oleh bulan dan bintang-bintang yang berkelap-kelip indah bercahaya. tak pernah sepi, tak pernah sendiri. semua orang tersenyum kepadanya.dia mempunyai perangai orang sholeh dan rupa seperti kumpulan-kumpulan keindahan di dunia jika dikumpulkan dalam satu wadah. bumi dan langit perempuan dan lelaki itu. gadis bumi itu selalu memandang langit untuk melihat kebaikan-kebaikan yang tak dimilikinya, untuk melihat kebaikan-kebaikan yang tak pernah dia rasakan dalam hidupnya. setidaknya ketika dia memandang langit, dia masih akan ingat bahwa akan selalu ada kebaikan dalam kehidupan.

   suatu hari, di suatu malam tergelap, di tanah lapang yang lengang, di suasana yang sepi, mata bumi dan langit saling bertemu untuk pertama kalinya. mereka saling menatap untuk pertama kalinya. waktu terasa berhenti sejenak diantara mereka. angin berhenti mendesir, rembulan cahyanya tak berkedip juga. alam berbahasa seribu makna saat bumi dan langit saling bermuka. bisa ditebak hati siapa yang berteriak lebih dulu. ya, gadis bumi itu berguncang di dalam dadanya, pikirnya melambung entah kemana, matanya tak berkedip, tak berhenti menatap. sedang bagaimana benak lelaki langit itu, tak ada yang tahu. karena wajahnya selalu begitu. lelaki langit itu tersenyum kecil, pupilnya membesar, tapi dia memang tersenyum pada semua orang. tak mungkin senyuman spesial, begitu pikir gadis bumi itu. sejak pertemuan bumi dan langit yang pertama, sejak itu bumi bergelora. sedang langit, masih penuh dengan misteri. bagaimanakah kisah cinta ini akan berjalan?  dan apakah akhirnya sama dengan yang dipikirkan semuanya? entah. waktu selanjutnya yang akan menjawabnya.



***
   
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

tebarkan cinta :)